Definisi Sistem
Suatu sistem
adalah suatu bangunan atau koleksi dari unsur-unsur yang berbeda yang
bersama-sama tidak menghasilkan produk dapat diperoleh oleh unsur-unsur
sendiri. Unsur-Unsur, atau bagian, dapat meliputi orang-orang, perangkat
keras, perangkat lunak, fasilitas, kebijakan, dan dokumen; itu semua
diperlukan untuk memproduksi tingkatan sistem. Hasil meliputi kualitas
tingkatan sistem, kekayaan, karakteristik, fungsi, perilaku dan
penampilan.
Sistem Engineering
System
Engineering adalah suatu disiplin rancang-bangun yang mana bertanggung
jawab menciptakan dan melaksanakan proses disiplin untuk memastikan
bahwa pelanggan dan kebutuhan stakeholder's terpuaskan dengan kualitas
tinggi, terpercaya, efisiensi biaya dan menjadwalkan cara memenuhi
sepanjang keseluruhan jalan kehidupan. Proses ini pada umumnya terdiri
atas tujuh tugas: Satukan masalah, alternative penyelidikan, model
system, Mengintegrasikan, peluncuran system, Nilai capaian, dan evaluasi
kembali. Fungsi ini dapat diringkas dengan singkatan Similar: State,
investigasi, Model, integrate, launch, Nilai dan Re-Evaluate.
Sistem
mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu seperti elemenelemen (elements), batasan sistem (boundary), lingkungan sistem (environments), penghubung (interface), masukan (input), pengolahan (process), keluaran (output),
dan tujuan (goals).
Sistem
berbasis komputer adalah sistem yang komponen-komponennya atau
subsistem-subsistemnya terdiri dari :
- Perangkat lunak, yaitu program komputer, struktur data, dan dokumentasi terkait.
- Perangkat keras, yaitu perangkat elektronik yang menyediakan kemampuan komputasi dan perangkat elektromekanik (misalnya: sensor, motor, pompa) yang menyediakan fungsi dunia luar.
- Manusia, yaitu pemakai dan operator perangkat keras dan perangkat lunak.
- Basis data, yaitu kumpulan informasi yang besar dan terorganisasi yang diakses melalui perangkat lunak.
- Dokumentasi, yaitu buku-buku manual, formulir, dan informasi deskriptif lainnya yang menggambarkan penggunaan dan atau operasional sistem.
- Prosedur, yaitu langkah-langkah yang menjelaskan pemakaian spesifik dari setiap elemen sistem.
Produk
system engineer adalah suatu pernyataan misi, suatu dokumen kebutuhan
yang mencakup verifikasi dan pengesahan, suatu uraian fungsi dan object,
kepekaan instrument, suatu rencana test, suatu gambar batasan-batasan
sistem, suatu alat penghubung mengendalikan dokumen, suatu daftar
deliverables, model, suatu analisis kepekaan, suatu tradeoff studi,
suatu analisis risiko, suatu analisa jalan kehidupan dan suatu uraian
arsitektur phisik. Kebutuhan harus disahihkan ( Apakah kita membangun
sistem yang benar?) dan membuktikan ( Apakah kita membangun sistem itu
benar?). Fungsi sistem harus dipetakan kepada komponen phisik. Pemetaan
berfungsi ke phisik komponen dapat satu untuk satu atau banyak untuk
satu. Tetapi jika satu fungsi ditugaskan untuk dua atau lebih komponen
phisik, kemudian suatu kekeliruan mungkin telah dibuat dan haruslah
diselidiki. Satu alasan sah untuk menugaskan suatu fungsi ke lebih dari
satu komponen akan berfungsi preformed oleh satu komponen dalam suatu
gaya tertentu dan oleh komponen lain dengan gaya lain. Yang lain akan
bersifat pemborosan sengaja untuk tingkatkan keandalan, membiarkan
seseorang membagi sistem kepada penerima fungsi jika yang lain gagal
melakukan pembagian.
Pemodelan Arsitektur Sistem
Setiap
sistem berbasis komputer dapat dimodelkan sebagai sebuah pemindahan informasi
dengan menggunakan arsitektur input-pemrosesan-output. Pemodelan Arsitektur
Sistem memperluas arsitektur ini dengan menambahkan 2 fitur tambahan yaitu
pemrosesan antarmuka pemakai dan pemrosesan self-test. Meskipun dua fitur
tambahan ini tidak selalu dipakai tetapi fitur tambahan ini umum dipakai pada
pemodelan sistem berbasis komputer yang membuat model sistem menjadi lebih
baik. Model sistem ini menjadi dasar bagi analisis kebutuhan dan langkah desain
selanjutnya.
Untuk
memodelkan sistem maka digunakan model template arsitektur yang mengalokasikan
elemen sistem menjadi 5 bagian pemrosesan yaitu:
1. antarmuka
pemakai,
2. input
3. fungsi
dan kontrol sistem,
4. output
dan
5. pemeliharaan
dan self-test.
Pemodelan Sistem dan Simulasi
Meskipun
demikian , sepertinya metode ini akan banyak penganutnya diantara pengembangan
perangkat lunak yang harus membangun perangkat lunak yang kritis untuk
keselamatan (misal perangkat medis, dan penerbangan pesawat), serta diantara
pengembangan yang harus menderita karena factor ekonomis yang harus dialami
oleh perangkat lunak.
Spesikasi Sistem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar